Tags

, , , ,

Alias semur daging sapi a’la Ethiopia. Kok ya jauh amat mbak mainnya? Karena aroma campuran rempahnya mengingatkan pada wangi gulai, semilir rendang, dan harum kari di Tanah Air.

Pertama kali tertarik untuk mencoba racikan bumbu berwarna merah ini justru karena isinya kok ya kenal. Ada ketumbar, klabet, pala, cengkeh, jahe. Ah ini mah atuh sebelas duabelas sama masakan Indonesia. Pasti cocok buat lidah lokal. Bedanya hanya, tapi hanya yang penting, di bahan utamanya yaitu smoky paprika. Efeknya selain warna masakan yang merah, juga aroma asap atau smoky, earthy kalo bahasa sononya mah.

Trus resepnya?

Ya begini. Baydeway ini porsi buat sendirian ya, berhubung percobaan dan males masak banyak.

250 g daging sapi topside, potong kubus 2x 2

1 bawang bombay cincang halus

2 bawang putih cincang halus

Jahe sebuku jempol cincang halus. Jempol saya, yang imut ini. Camkan.

3 sdm minyak. Saya pakai minyak kelapa karena gemar harumnya.

1 sdm bumbu Ethiopian Berbere (merek Tabia, kalo tertarik carilah di Instagram dengan hesteg #tabia atau melalui @dapurmaya)

1 cangkir kaldu sapi

2 cangkir air

Tumis bawang bombay, bawang putih, dan jahe hingga layu. Masukkan bumbu Berbere, tumis lagi hingga harum. Masukkan potongan-potongan daging lalu aduk-aduk sampai berubah warna semua permukaannya. Tuangkan kaldu, didihkan lalu kecilkan api. Masak hingga daging empuk. Jika air habis, tambahkan air dan masak terus dengan api kecil hingga daging empuk.

BIsa dimakan dengan nasi, roti canai, naan, paratha, atau dicemil juga boleh. Kemarin saya makan dengan naan, ditaburi cincangan rosemary segar. Sungguh, sungguh saya menyesal masak dikit.

KZL.Berbere kaldu

Advertisements