Tags

,

image

Saya masih punya dua ekor ikan kenyar cukup besar di freezer, oleh-oleh dari Uyuy sehabis dia menyelam di Padangbai. Ngga dia tangkep sendiri sih, beli aja dari para penjual ikan di pinggir jalan.
Yang pertama sudah saya pindang, yang kedua maunya saya masak rica aja. Sayangnya bumbu kurang kalau mau masak rica. Kalau arsik gimana? Ngga lengkap juga…
Suer saya males sekali kalau siang-siang hari Minggu harus belanja sekadar bumbu. Jadi bikin seadanya aja, arsik tanpa asam gelugur, bawang batak, ataupun daun mangkokan.

Ikan Arsik Darurat

Ikan Kenyar sekitar 1 kg
Bumbu halus: 7 kemiri sangrai, 7 siung bawang merah, 1sdm andaliman, 3 cabe merah besar, 6 cabe rawit, 2 cm jahe, 1 cm kunyit, garam.
Bumbu iris: 1 bunga kecombrang, 3 sereh, 1 daun bawang besar, 1 tomat.
Bumbu lain: 1 sdt asam jawa, 1 jeruk nipis, sedikit gula.

Lumuri ikan dengan bumbu halus lalu sisihkan selama kurleb 10 menit. Taruh ikan dalam wajan beserta semua bumbu dan air satu gelas. Masak dengan api kecil dan tertutup hingga air habis.

Gampang banget sih masaknya, cari bumbunya yang rese…

Advertisements