Tags

, , ,

image

Biasa, kalau sudah seminggu dua minggu ngga masak, saya mulai uring-uringan dan mulai merancang kegiatan-kegiatan ambisius seperti memasak 4 macam masakan daging, 1 snack, nasi berbumbu, dan sambal-sambal sendirian. Tentu tak berhasil. Saya berhenti di masakan ketiga dan bersyukur karena dibawakan nasi oleh seorang teman, plus ternyata masih punya sambal bajag di kulkas.

Minggu ini saya mengajak beberapa teman datang untuk mencicip masakan yang rencananya mau saya coba pasarkan untuk pesanan katering. Kecil-kecilan dan masih dalam rangka iseng. Siapa tau laku. Semangat!

Biar semangat seger buger saya mau coba masakan yang belum pernah saya masak. Nah ini nih yang jadi eksperimen:

Gepuk Pedas: 700 grm daging has dalam, rebus dengan 3 bawang putih geprek, 2 sereh, 2 daun salam, 1 biji pala geprek selama 1.5 jam. Angkat lalu iris tipis 0.5 cm sesuai serat. Saring kaldu, sisihkan sekitar 200ml. Bumbu halus: 5 cabai merah (tapi kurang pedas, lain kali tambah rawit aja ah), 4 kemiri sangrai, 4 bawang putih, 3 cm jahe, 3 cm lengkuas, 1 sdt ketumbar. Tumis bumbu halus dengan 2 batang sereh dan 2 daun salam. Setelah harum masukkan daging dan kaldu, aduk dan didihkan. Tambahkan 1 maggi blok sapi. Kecilkan api lalu masukkan 500 ml santan dari 1 butir kelapa dan sedikit kelapa parut, sekitar 1 sdm metung. Tambahkan garam dan gula merah sesuai selera. Rebus hingga bumbu mengental dan daging empuk. Jangan lupa diaduk supaya santan tidak pecah.

Supaya lebih empuk dan cepat mendingan di-presto aja sekitar 1 jam, tetap dengan bumbu rebusan pertama. Setelah itu baru iris dan rebus kembali dengan bumbu halus dan selebihnya.

