Tags

, ,

Ini hari pertama kami coba-coba memasak di kantor. Kelinci percobaan kali ini adalah dua masakan Jawa, yang pertama permintaan dari Nana dan satu lagi keinginan saya. Nana minta dimasakin Genjer Tauco, masakan yang, jangankan masak, makan aja saya belom pernah. Lha terus gimana caranya saya membandingkan rasa dan tahu resep mana yang benar? Ya ngga bisa. Ini masalah sok tau, sok iye, dan hajar bleh aja.

Saya belum pernah masak pake tauco meskipun saya senang sayur genjer. Buat orang Sunda, genjer biasanya ditumis pake sambel oncom, baru enak. Tapi okelah kita coba. Maka browsinglah saya cari resep. Banyak sih resepnya cuman kan yg mana yang bener? Ada yang bilang tauconya sesendok, ada yg bilang 4 sendok. Jauh bedanya men… Lagian seinget saya, saya ngga suka tauco…

Nah lho…

Akhirnya antara bingung dan sok tau, saya menggabungkan informasi dari beberapa resep. Plus info-info berdasarkan deskripsi Nana mengenai masakan entah apa ini. Begini deh kira-kira jadinya:

Genjer Masak Tauco: Untuk 2 ikat daun genjer+ 1 ikat bunga genjer Bumbu: 6 siung bwg merah iris tipis,3 siung bwg putih cincang, 2 cm lengkuas iris, 3-4 cabe merah besar iris serong, 7 cabe rawit utuh, 1lb daun salam, 5-6 sdm tauco medan, garam sedikit, gula pasir.

Siangi daun dan bunga genjer, sisihkan. Tumis bumbu iris hingga wangi lalu masukkan cabe rawit, daun salam dan tauco medan. Tumis hingga aroma tauco keluar. Masukkan genjer, masak 2-3 menit hingga genjer layu. Tambahkan garam dan gula sesuai selera.  Angkat. Jangan masak terlalu lama supaya genjer masih hijau dan segar.

Sementara itu Garang Asem Ayam adalah masakan favorit dari rumah saya di Bandung meskipun aslinya masakan Jawa Tengah. Ibu saya mendapatkan resep tersebut dari rubrik Resep Favorit Anda di Majalah Femina tahun 80-an. Sampai sekarang lembaran resep kojo itu masih ada dan resep itu yang saya coba sekarang. Tapi saya curiga Bibi si jago masak nambah-nambahin bumbu soalnya rasanya kok beda….*sebel*

Garang Asem Ayam: untuk 1.5 kg ayam bumbunya: haluskan 18 kemiri, 10 cabe merah, bwg putih 9, bwg merah 9. Cabe hijau 15  bh potong 1 c,m belimbing wuluh 15bh potong 1 cm, daun salam, daun pisang untuk membungkus. Garam 2 sdm, gula ½ sdm. Tadi kurang garam dan cabe merah jadi kurang greget rasanya. Mungkin kalau sedikit dikasih merica putih atau daun kemangi is okey. Dan sepertinya kalo ditambahin 1 butir cabe rawit merah ke dalam bumbu halus atau bahkan masukkan satu buah utuh dibungkus bareng bakal lebih nendang.

Advertisements